Senin, 01 November 2010

Manajemen dan Organisasi


BAB  5
Manajemen dan Organisasi
1.       Manajemen
·         Pengertian dan peranan manajemen
Pengertian manajemen :Dalam mengartikan dan mendefinisikan manajemen ada berbagai ragam, ada yang mengartikan dengan ketatalaksanaan, manajemen, manajemen pengurusan dan lain sebagainya. Bila dilihat dari literatur-literatur yang ada, pengertian manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian:

1. manajemen sebagai suatu proses.
2. manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
3. manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art).
Manajemen sebagai suatu proses, melihat bagai mana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut.
Peranan manajemenSetiap perusahaan memiliki manajemen yang memegang berbagai peranan penting yang menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan untuk diwujudkan bersama. Ada banyak peran yang harus dimainkan / diperankan para manajer secara seimbang sehingga diperlukan orang-orang yang tepat untuk menjalankan peran-peran tersebut.
Manajemen yang baik haruslah berperan sesuai dengan situasi dan kondisi pada perusahaan atau organisasi. Menajemen yang tidak bisa menjalankan peran sesuai tuntutan perusahaan dapat membawa kegagalan.Berikut ini adalah Peranan Manajemen yang harus diperankan para Manajer.
1. Peran Interpersonal
2. Peran Informasi
3. Peran Pengambil Keputusan
http://organisasi.org/macam-jenis-peranan-manajemen-peran-manajer-dalam-organisasi-perusahaan-ekonomi-manajemen



·         Latar belakang sejarah manajemen
latar belakang manajemen pangkal dari mana kita harus memulai, karena sejarah manajemen SM, sudah ada tanda-tanda adanya pengetahuan dan . Di zaman pra-sejarah, manusia mengkomunikasikan pikiran, pengetahuan, dan infrastruktur dan manajemen Dalam latar belakang sosial demikianlah telekomunikasi dan informasi . ILUSTRASI: IPS dan Humaniora (ekonomi dan manajemen, sejarah dan kebudayaan, bahasa dan pakar penelitian dan dosen berbagai perguruan tinggi negeri dengan latar belakang ilmu .
Mengacu dari latar belakang dan tujuan yang telah diuraikan, maka keluaran dari manajemen keuangan, manajemen dan pengembangan SDM, advokasi dan .Bagikan Sejarah Perkembangan Fiqh dan Meredupnya ke facebook. Kiprah pemahaman terhadap nash yg disebabkan oleh kemampuan dan latar belakang yg berbeda. .Perasaan stres yang timbul disebabkan karena insting atau reaksi tubuh untuk mempertahankan diri. Reaksi seperti ini adalah baik pada saat .Konsep, Aliran dan Sejarah Koperasi — by (course_default) — last modified 04-22-2009 03:58 PM latar belakang timbulnya aliran koperasi, sejarah perkembangan.
·         Fungsi dan proses manajemen
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang selalu ada dan melekat dalam proses yang akan di jadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan,fungsi manajemen pertama kali di perkenalkan oleh undustrialis perancis bernama hanry fayol pada awal abad ke 20,ada lima fungsi yang telah diringkas menjadi empat,yaitu :
a.       Perencanaan (planning)
b.       Pengorganisasian (organizing)
c.       Pengarahan (directing)
·         Ciri-ciri manajer professional
 manajemen profesional adalah pelaksanaan fungsi-fungsi tersebut dalam pengembangan mutu SDM secara profesional. Lawannya adalah manajemen amatiran yang ciri-cirinya bertentangan dengan ciri-ciri manajemen profesional. 
Ciri-ciri manajemen profesional dalam pengembangan mutu SDM dapat dilihat dari sisi operasional dan  manajerial yakni,Berbudaya korporat: transparansi, independensi,  responsif, akuntabilitas, dan kejujuran Dukungan manajemen puncak.3)        Bermanfaat untuk kepentingan internal dan juga eksternal organisasiBerorientasi   ke masa depan dengan pendekatan holistik.Berdimensi jangka panjang dan bersinambung.Sistem nilai-prinsip efisiensi dan efektivitas.




·         Keterampilan manajemen yang dibutuhkan
Seperti tiap orang yang ingin karirnya maju, masa depan karir Anda juga ditentukan oleh keterampilan yang Anda miliki dan dapat Anda “jual” pada perusahaan. Dan para pencari kerja dengan keterampilan yang diinginkan perusahaan pencari kerja itulah, yang akan lebih cepat mendapatkan pekerjaan.
Sebenarnya, Anda dapat meningkatkan keterampilan yang Anda miliki, tentu saja tergantung dengan minat, kemampuan, bakat, kecukupan dana dan kesesuaian target karir. Tetapi, mengingat ketidakpastian ekonomi seperti sekarang maupun masa mendatang, maka lebih baik Anda mengutamakan untuk memiliki keterampilan yang berguna untuk peningkatan karir Anda dalam waktu dekat. Berikut ini adalah 8 keterampilan yang paling dicari saat ini, yang telah di rangkum dari berbagai sumber.
1.       Keterampilan bahasa asing
2.       Keterampilan teknis tentang mesin
3.       Keterampilan dalam mengelola sumber daya manusia
4.        Keterampilan di bidang pemrograman computer
5.        Keterampilan mengajar
http://www.benih.net/lifestyle/keterampilan-yang-dibutuhkan-perusahaan.html










Tidak ada komentar:

Posting Komentar